Ads

Kumpulan Lagu Cinta Terbaru 2012, Love Song
NASIONAL

Nabil Ftd – The Killermedia
Selasa, 07 Desember 2010 17:54 WIB

Lahar Dingin Merapi Rendam Musala
Aliran lahar dingin Gunung Merapi sampai ke Yogyakarta dan merendam rumah-rumah di bantaran Kali Code. Kondisi itu sungguh merepotkan warga.

Sebab, material yang dibawa oleh banjir lahar dingin tidak dapat dibersihkan secara cepat dengan cara manual. Mereka membutuhkan pompa air dalam jumlah banyak.

"Kalau dibersihkan dengan cara manual, waktunya cukup lama, sehingga kami khawatir warga yang rumahnya terendam banjir lahar dingin nantinya terjangkit penyakit karena rumah dan lingkungan masih sangat kotor," kata Wawan, koordinator Posko Pemantau Air RW 13 Tegalpanggung, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa 7 Desember 2010.

Menurut dia, di RW 13, alat pompa air hanya satu buah, sedangkan kebutuhannya harus lebih banyak. Karena lingkungan yang terkena dampak banjir lahar dingin cukup luas. Warga telah berusaha secepat mungkin untuk membersihkan, karena jika menunggu lebih lama, endapan material lahar dingin akan sulit untuk dibersihkan.

“Saat Kali Code meluap pertama kali, warga telah membersihkan endapan lahar dingin yang masuk ke kampung. Namun demikian, belum selesai pembersihan endapan lahar dingin, banjir lahar dingin kembali terjadi," tuturnya.

Di RW 13, Wawan melanjutkan, terdapat 12 rumah milik warga yang berada di bantaran Kali Code yang terendam dengan material lahar dingin hingga satu meter. Bahkan, banjir lahar dingin ini juga menerjang masuk musala dan menimbulkan endapan pasir sekitar 1,5 meter.

"Jika pemerintah tidak secara cepat melakukan pengerukan Kali Code, bahaya banjir akan selalu mengintai warga di bantaran Kali Code. Kali Code yang dahulu punya kedalaman tiga meter, saat ini semakin dangkal karena endapan lahar dingin dari Merapi," ujarnya.

Sementara itu, Suparno, Ketua RT 14 Juminahan, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta menyatakan, untuk mengantisipasi datangnya banjir lahar dingin yang datang sewaktu-waktu, pihaknya telah menyiapkan dapur umum dan tempat penampungan warga di bantaran Kali Code yang mengungsi saat banjir lahar dingin datang.

"Dari 500 warga di RT 14, Juminahan ada sekitar 120 warga yang tinggal di bantaran Kali Code. Mereka sewaktu-waktu harus mengungsi jika banjir lahar dingin datang," katanya.
Description: Lahar Dingin Merapi Rendam Musala Rating: 5 Reviewer: Nabil Muhammad Firdaus - ItemReviewed: Lahar Dingin Merapi Rendam Musala

0 komentar:

DISCLAIMER BOS!!
[Disclaimer]
[Emoticons]
 
IdWebDesign Company Logo

+62 81 328 733 696 | Email : idwebdesign@yahoo.com